PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN
Peranan guru dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan para peserta didik, juga guru memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam membentuk watak dan kepribadian seorang anak, guna menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia(SDM), serta mensejahterakan masyarakat, memajukan bangsa dan negara.
Untuk memenuhi tuntutan di atas, guru harus mampu guru harus mampu memaknai pembelajaran, serta menjadikan pembelajaran sebagai ajang pembentukan kompetensi dan perbaikan kualitas pribadi peserta pendidik. Untuk kepentingan tersebut, dengan memperhatikan ( E. Mulyasa, 2005) guru memiliki peranan sebagai berikut:
1. Guru Sebagai Pendidik.
Guru adalah pendidik, yang menjadi tokoh, panutan, dan identifikasi bagi para peserta didik dan lingkungannya. Oleh karena itu, guru harus memiliki standar kualitas pribadi tertentu, yang mencakup tanggung jawab, wibawa, mandiri dan disiplin.
2. Guru Sebagai Pengajar
Dengan berkembangnya teknologi khususnya teknologi imformasi dapat mengubah peran guru dari pengajar yang bertugas menyampaikan materi pembelajaran di dalam kelas menjadi fasilitator yang bertugas memberikan kemudahan belajar. Hal ini dimungkinkan karena perkembangan teknologi yang sangat pesat sumber pembelajaran sangat banyak, seperti; radio, televisi, film pembelajaran bahkan program internet.
Kegiatan belajar peserta didik dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti motivasi, kematangan, hubungan peserta didik dengan guru, kemampuan verbal, tingkat kebebasan, rasa aman dan keterampilan guru dalam berkomunasi.
Untuk itu, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan guru dalam pembelajaran, sebagai berikut :
a. membuat ilustrasi
b. Mendefinisikan
c. Menganalisis
d. Bertanya
e. Merespon
f. Mendengarkan
g. Menciptakan kepercayaan
h. Memberikan pandangan yang bervareasi
i. menyedikan media untuk mengkati materi standar
j. Menyesuaikan metode pembelajaran
k. Memberikan nada perasaan
3. Guru Sebagai Pembimbing
Karena guru sebagai pembimbing maka guru memerlukan kompetensi yang tinggi untuk melaksanakan empat hal utama yaitu :
Pertama, guru harus merencanakan tujuan dan mengedintifikasi kmpetensi yang hendak dicapai
Kedua, guru harus melihat keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran.
Ketiga, guru harus memaknai kegiatan belajar.
Keempat, guru harus melaksanakan penilaian.
D. Guru Sebagai Pelatih
E. Guru Sebgai Penasehat
F. Guru sebagai Innovator
G. Guru sebgai Model Dan Teladan
H. Guru Sebagai Pribadi.
I. Guru Sebagai Peneliti.
J. Guru Sebagai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar